24 Fakta Unik Drama Korea Yang Wajib Kamu Tahu !


1. Dibandingkan Sinetron Indonesia, drama Korea memiliki episode yag jauh lebih sedikit berkisar 8 sampai dengan 25 episode. Walaupun sebenarnya juga ada yang memuat 100 episode lebih kebanyakan genre ceritanya adalah drama keluarga atau sanguk drama yaitu drama tentang sejarah.

2. Latarnya sering mengambil tempat – tempat wisata di Korea, selain juga berfungsi  untuk promosi pariwisata mereka. Kebanyakan tempatnya adalah pulau Jeju atau pulau Nami. Seperti film Boys Before Flower atau Winter Sonata.

3. Genre drama Korea beraneka ragam, ada action, romance, comedy, mistery, education, history, politik dan banyak lagi. Bukan seperti sinetron Indonesia yang hanya berkisar tentang perebutan harta, cinta dan wanita.

4. Meskipun memiliki banyak genre, sutradara drama Korea sepertinya menyukai drama dengan alur Cinderella, yaitu kisah cowok kaya yang jatuh cinta dengan gadis keluarga miskin atau biasa – biasa saja. Seperti, BBF, paradise ranch, syungkyunkwan scandal, my sassy girl chun hyang, dan banyak lagi.

5. Banyak drama Korea yang menceritakan perjuangan seseorang untuk mencapai cita – citanya dan mimpi. Baik mengejar mimpi sebagai seorang artis, pekerjaan, ataupun dalam pelajaran. Seperti, syungkyunkwan scandal, prosecutor princess, god of study dan dream high.

6. Ceritanya berdasarkan kehidupan sehari – hari, atau perjalanan hidup seseorang yang menjalani profesinya. Seperti kehidupan seorang pelajar, polisi dokter ataupun guru. Contohnya, god of study, jungle fish, prosecutor princess, sign.

7. Ceritanya menunjukkan bahwa tokoh sangat menghargai cinta. Seorang cowok akan berusaha untuk mendapatkan wanita yang dicintainya walau harus melakukan cara apapun begitupun sebaliknya.

8. Walaupun seorang anak tidak suka dengn cara orang tuanya, atau punya pendapat yang berbeda. Mereka tidak akan menampakkan perkelahian yang berlebihan. Hal itu  menunjukkan kalau orang Korea penuh dengan sopan – santun.

9. Artis Korea selalu total dalam berakting baik dalam penghayatan ataupun penampilan fisik yang mendukung kualitas acting mereka. Contohnya Kim Sun ah yang harus menaikkan berat badannya untuk memerankan peran sam soon di my lovely kim sam soon, atau park shin hye yang harus memotong rambutnya sampai benar pendek utuk memerankan peran Gu Minam di drama You’re Beautifull.

10. Biasanya kalau salah satu tokoh ada masalah dengan pasangan, orang tua atau pekerjaannya, mereka akan pergi ke sebuah took atau warung untuk minum arak atau soju.

11. Kebanyakan kisah cinta diawali dengan perkelahian atau rasa saling benci antara tokoh utama tapi dikemas dengan cara yang berbeda. Tapi karena sering bersama rasa cinta akhirnya muncul. Ini menunjukkan kalau dengan pertemuan dan berjalannya waktu rasa cinta akan tumbuh dengan sendirinya.

12. Pemeran jahat dalam drama Korea memiliki alasan mengapa dia bias jahat, bukan dari awalnya sudah jahat seperti sinetron Indonesia. Contohnya di Dream High Yoon Baek Hee yang menjadi jahat karena merasa selama ini tidak pernah dianggap oleh sahabatnya, atau Chae rin yang menjadi jahat karena merasa pacarnya diambil oleh Chai jing dalam drama Princess Hours.

13. Rumah orang kaya dalam drama korea betul – betul dibuat bermodal, bukan hanya rumah sewa dan itu – itu saja seperti sinetron Indonesia. Bahkan ada ada salah satu drama yang membangun sebuah rumah untuk keperluan shooting. Seperti dalam drama Personal Taste, yang membangun rumah sang go jae untuk tempat tinggal Park Gae In.

14. Untuk pembuatan suatu drama, seorang produser menghabiskan dana bahkan sampai miliaran rupiah, seperti drama My Princess yang menghabiskan dana 80 milyar, dan masih banyak lagi drama Korea yang menghabiskan dana melebihi itu. Dan kira – kira 50 % dari biayanya dihabiskan untuk membayar pemeran utamanya.

15. Meskipun telah banyak berbuat jahat, biasanya pemeran antagonis akan sadar dan di akihir akan mendapatkan kebahagiaan juga.

16. Banyak drama Korea yang ceritanya diangkat dari manga atau novel. Seperti syungkyunkwan scandal, boys before flower, city hunter dan playful kiss.

17. Drama Korea memiliki banyak nama yang berbeda, dan nama lainnya biasanya berbahasa inggris, hal ini ditujukan agar Negara lain yang menonton drama ini juga mengerti apa judulnya.

18. Drama Korea memiliki soundtrack tersendiri yang sangat mendukung backsound drama. Hal ini betul – betul sangat diperhatikan, bahkan pemeran dramanya juga ikut andil memberikan pendapat dalam pembuatan soundtrack. Biasanya soundtrack dinyanyikan oleh pemain utamanya atau penyanyi yang sudah terkenal.

19. Drama Korea banyak memuat artis terkenal sebagai cameo atau bintang tamu sebagai kejutan untuk penonton ataupun penyegar suasana. Walaupun hanya tayang sebentar, tapi seorang cameo dapat memberikan dampak yang cukup significan.

20. Drama Korea banyak menggunakan barang – barang dari sponsor dalam negeri, karena orang Korea terkenal sangat mencintai produk dalam negri. Seperti sponsor mobil Hyundai, ataupun handphone Samsung.

21. Banyak adegan yang menampakkan actor atu actress yang menggunakan internet, karena Korea memang dikenal dengan Negara dengan akses internet tercepat.

22. Aktor dan aktrisnya memang berperan sangat total, bahkan mereka tidak takut untuk berperan jaim. Seperti seorang cewek bodoh ataupun konyol.

23. Kebanyakan dalam drama Korea ada adegan pemainnya yang sedang makan kimchi, kkimbab ataupun ramyen yang merupakan makanan tradisional daerah mereka.

24. Dalam drama korea, ada adegan pemain menghabiskan waktu di sauna saat ingin istirahat atau pergi ke tempat karaoke jika ingin merayakan sesuatu, seperti ulang tahun, kesuksesan kerja ataupun sukses ujian.

Komentar :